JOIN US!!

Gainscope : Online Forex Trading

Senin, 01 Agustus 2011

Fibonacci

Fibonacci Siapa?
Kita akan banyak mempergunakan rasio Fibonacci di dalam perdagangan kita jadi lebih baik Anda mempelajarinya dan menyukainya seperti kepada ibu Anda. Fibonacci adalah subyek yang luas dan banyak studi yang berbeda-beda mengenai Fibonacci dengan nama-nama yang aneh tetapi kita akan mengacu kepada dua hal: perbaikan dan perluasan.

Pertama-tama saya mulai dengan memperkenalkan tuan Fib itu sendiri kepada Anda... Leonardo Fibonacci.

Leonardo Fibonacci adalah ahli matematika terkenal dari Itali, juga disebut sebagai si jagoan super banget, yang memiliki momentum “aha!” dan menemukan serangkaian angka sederhana untuk membuat rasio yang menjelaskan proporsi alami hal-hal di dunia.

Rasio-rasio muncul dari serangkaian angka berikut ini: 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89, 144 ....

Serangkaian angka ini muncul diawali dengan angka 1 diikuti angka 2 dan kemudian menambahkan 1 + 2 untuk mendapatkan 3, angka ketiga. Kemudian tambahkan 2 + 3 untuk mendapatkan 5, angka keempat, dan seterusnya.

Setelah beberapa angka awal yang berurutan, jika Anda mengukur rasio angka berapapun pada angka berikutnya yang lebih tinggi Anda mendapatkan .618. Misalnya, 34 dibagi 55 sama dengan 0.618.

Jika Anda mengukur rasio antara angka pengganti Anda mendapatkan .382. Misalnya, 34 dibagi 89 = 0.382 dan sejauh itulah penjelasannya.

Rasio-rasio ini disebut “golden mean” (mean emas). Oke sudah cukup mumbo jumbo. Saya bahkan mulai mengantuk dengan semua angka ini. Saya hanya mau mempersingkatnya; berikut ini adalah rasio-rasio yang harus Anda ketahui:

Level-level Perbaikan Fibonacci
0.236, 0.382, 0.500, 0.618, 0.764

Level-level Perluasan Fibonacci
0.382, 0.618, 1.000, 1.382, 1.618

Anda tidak harus tahu cara menghitung semua angka tersebut di atas. Software grafik Anda akan melakukan semua pekerjaan tersebut untuk Anda. Tetapi memang selalu merupakan hal yang bagus jika familiar dengan teori dasar di balik indikatornya sehingga Anda akan memiliki pengetahuan untuk mengesankan pacar Anda.

Para pedagang mempergunakan level pergantian Fibonacci sebagai level support dan perlawanan. Karena begitu banyak pedagang yang menyaksikan level yang sama ini dan meletakkan order pembelian dan penjualan pada level tersebut untuk memasuki perdagangan atau menghentikannya, level support dan level perlawanan menjadi ekspektasi yang diisi sendiri.

Para pedagang mempergunakan level perluasan Fibonacci sebagai level pengambilan keuntungan. Sekali lagi, karena begitu banyak pedagang yang menyaksikan level ini dan menempatkan order pembelian dan penjualan untuk mengambil keuntungan, alat ini biasanya berhasil menjadi karena ekspektasi yang diisi sendiri.

Kebanyakan software grafik mencakup level perbaikan Fibonacci dan alat level perluasan. Untuk menerapkan level Fibonacci pada grafik Anda, Anda perlu mengidentifikasi poin-poin Swing High dan Swing Low (berayun tinggi dan berayun rendah).

Sebuah Swing High adalah satu candlestick dengan minimal dua high yang lebih rendah pada kedua sisi kiri dan kanan pada candlestick itu sendiri.

Sebuah Swing Low adalah satu candlestick dengan minimal dua low yang lebih tinggi pada kedua sisi kiri dan kanan pada candlestick itu sendiri.

Mari kita lihat lebih dekat kepada level perbaikan Fibonacci

Perbaikan Fibonacci
Pada tren naik, gagasan umumnya adalah untuk melanjutkan pasar dengan perbaikan pada level support Fibonacci. Untuk mendapatkan level perbaikan, Anda harus meng-klik Swing Low yang signifikan dan drag kursor ke Swing High yang paling akhir. Ini akan menampilkan masing-masing Level Perbaikan yang menunjukkan rasio dan mencocokkan level harga. Mari kita lihat beberapa contoh pasar pada tren naik.

Ini adalah sebuah grafik USD/JPY. Di sini kita membuat plot Level Perbaikan Fibonacci dengan meng-klik Swing Low pada 110.78 pada tanggal 07/12/05 dan men-drag kursornya ke Swing High di angka 112.27 pada tanggal 07/13/05. Anda bisa melihat level-level yang diplot oleh software tersebut. Level Perbaikannya adalah 111.92 (0.236), 111.70 (0.382), 111.52 (0.500), dan 111.35 (0.618).

Jadi ekspektasinya adalah bahwa jika USD/JPY memperbaiki dari high ini, akan diketemukan support pada salah satu level Fibonacci karena para pedagang akan menempatkan order-order pembelian pada level-level ini begitu pasarnta menarik kembali.

sekarang mari kita lihat apa yang sebenarnya terjadi setelah terjadi Swing High. Pasar langsung menarik kembali melalui level 0.236 dan melanjutkan pada hari berikutnya dengan level 0.382 tetapi tidak benar-benar menutup di bawahnya. Selanjutnya pada hari tersebut, pasar meringkas pergerakan naiknya. Jelaslah bahwa pembelian pada level 0.382 merupakan hal yang bagus pada perdagangan jangka pendek.

sekarang mari kita lihat bagaimana kita akan menggunakan level Perbaikan Fibonacci selama tren menurun. Ini adalah grafik jam-jaman untuk EUR/USD. Seperti yang bisa Anda lihat, kita menemukan Swing High kita di 1.327 pada tanggal 02/28/05 dan Swing Low kita di 1.3169 beberapa jam kemudian.

Level perbaikannya adalah 1.3236 (0.618), 1.3224 (0.500), 1.3211 (0.382), dan 1.3195 (.236). ekspektasi untuk tren menurun adalah jika tren ini memperbaiki dari high ini, tren tersebut akan mempertemukan salah satu Level Fabonacci karena para poedagang akan menempatkan order-order jualnya pada level-level ini begitu pasar berusaha berkumpul.


mri kita lihat apa yang terjadi selanjutnya. Nah, bukankah grafik tersebut di atas indah! Pasar tidak berusaha untuk berkumpul tetapi melewati level 0.500 dan berhenti pada ketinggian 1.3227 dan level tersebut sebenarnya ditutup di bawahnya. Setetalh btanagan tersebut, Anda bisa melihat bahwa kumpulan tersebut terbalik dan pergerakan turun berlanjut. Anda telah membuat langkah penjualan yang manis pada level 0.382.


berikut ini contoh lainnya. Ini adalah grafik jam-jaman untuk mata uang GBP/USD. Kita memiliki Swing High 1.7438 pada tanggal 07/26/05 dan Swing Low 1.7336 pada hari berikutnya. Jadi Level Perbaikan kita adalah: 1.7399 (0.618), 1.7387 (0.500), 1.7375 (0.382), dan 1.7360(0.236). Lihatlah grafik tersebut, pasar kelihatan seperti berusaha untuk memecah level 0.500 pada beberapa tempat, tetapi usaha sebanyak itu gagal. Jadi apakah meletakkan order penjualan pada level 0.500 merupakan perdagangan yang bagus?


Jika memang demikian menurut Anda, Anda akan kehilangan uang yang banyak! Lihatlah apa yang terjadi. Swing Low terlihat di dasar pada tren menurun ini begitu pasar terkumpul di atas poin Swing High.

Anda bisa menyaksikan dari contoh-contoh tersebut, pasar biasanya menemukan paling tidak support sementara (selama tren naik) atau perlawanan (selama tren menurun) pada Level-level Perbaikan Fibonacci. Jelaslah bahwa ada sedikit permasalahan yang berkaitan di sini.

Tidak ada cara untuk mengetahui level mana yang akan memberikan support. Level 0.236 nampaknya memberikan support/ perlawanan yang paling lemah, sementara level lainnya memberikan support/ perlawanan pada frekuensi yang sama. Meskipun grafik tersebut di atas menunjukkan pasar yang biasanya hanya perbaikan pada level 0.382, bukan berarti bahwa harganya akan menyentuh level tersebut setiap saat dan berbalik.

Biasanya harga tersebut akan menyentuh level 0.500 dan berbalik, di waktu yang lain harga tersebut akan menyentuh level 0.618 dan berbalik, dan di waktu yang lain harga tersebut sepenuhnya akan mengabaikan Mr. Fibonacci dan menembus melewati semua level sama seperti cara Allen Iverson (peman bakset NBA) menembus melewati baris resistan dengan langkah awal yang tajam. Ingatlah, pasar tidak akan selalu meringkas tren naiknya setelah mendapatkan support sementara, tetapi akan terus melanjutkan penurunannya di bawah Swing Low terakhir.

Penempatan tanda stop merupakan suatu tantangan. Mungkin sangat bagus meletakkan stop-stop di bawah Swing Low terakhir (pada tren naik) atau di atas Swing High (pada tren menurun), tetapi hal tersebut membutuhkan pengambilan level dengan proporsi resiko yang tinggi terhadap potensi kemungkinan keuntungan pada perdagangan. Ini disebut rasio penghargaan terhadap resiko. Pada pelajaranm berikutnya, Anda akan belajar lebih jauh tentang Manajemen Uang dan kontrol resiko dan bagaimana Anda hanya akan melakukan perdagangan dengan rasio penghargaan terhadap resiko tertentu.

Permsalahan lainnya ialah menentukan poin-poin Swing Low dan Swing High mana untuk mengawali pembuatan Level Perbaikan Fibonacci. Orang melihat grafik dengan cara yang berbeda-beda dan juga akan memiliki versi mereka sendiri mengenai ke mana seharusnya Swing Low dan Swing High tersebut berada. Intinya adalah, tidak ada satupun cara yang paling benar untuk melakukannya, tetapi yang buruk adalah ketika menetukan Swing Low dan Swing High menjadi main tebak-tebakan.
Perluasan Fibonacci
Pada penggunaan Fibonacci berikutnya Anda akan menerapkannya terhadap target-target. Mari kita mulai dengan suatu contoh pada tren naik.

Pada tren naik, gagasan umumnya adalah untuk mengambil keuntungan pada perdagangan jangka panjang pada level Perluasan Harga Fibonacci. Anda menentukan level perluasan Fibonacci dengan menggunakan klik mouse sebanyak tiga kali. Pertama, klik pada Swing Low yang signifikan, kemudian drag kursor Anda dan klik pada Swing High  yang terbaru. Terakhir, drag kursor Anda kembali ke bawah dan klik pada Perbaikan Swing Low. Cara ini akan menampilkan setiap Level Perluasan Harga yang menujukkan level rasio dan level harga yang disesuaikan.

Pada grafik 1 jam USD/CHF ini, kita membuat plot level perluasan Fibonacci dengan meng-klik Swing Low pada level 1.2447 pada tanggal 08/14/05 dan men-drag kursor ke Swing High pada level 1.2593 pada tanggal 08/15/15 dan kemudian turun ke Perbaikan Swing Low pada level 1.2541 pada tanggal 08/15/05. Level perluasan Fibonacci yang dibuat berikut ini adalah 12.2597 (0.382), 1.2631 (0.618), 1.2743 (1.382), 1.2760 (1.500), dan 1.2777 (1.618).

Mari kita lihat apa yang sebenarnya terjadi setelah terjadi Perbaikan Swing Low.
  • Pasar berkumpul pada level 0.500
  • Jatuh kembali ke Perbaikan Swing Low
  • Kemudian berkumpul kembali pada level 0.500
  • Sedikit jatuh kembali
  • Berkumpul pada level 0.618
  • Jatuh kembali pada level 0.382 yang berperilaku sebagai support
  • Kemudian berkumpul kembali sepanjang jalan pada level 1.382
  • Sedikit berkonsolidasi
  • Kemudian berkumpul pada level 1.500

seperti yang bisa Anda lihat pada contoh-contoh tersebut bahwa pasar seringkali mendapatkan sedikitnya perlawanan sementara pada level perluasan Fibonacci – tidak selalu, tetapi sering. Seperti pada contoh level perbaikan, jelaslah bahwa ada sejumlah permasalahan juga yang berkaitan dengan hal tersebut. Pertama, tidak ada cara untuk mengetahui level mana yang memberikan perlawanan. Level 0.500 merupakan level yang baik untuk menghadapi setiap perdagangan jangka panjang pada contoh di atas karena pasar kembali diperbaiki ke level aslinya, tetapi jika Anda tidak kembali ke perdagangan, Anda akan banyak kehilangan keuntungan pada tabel tersebut.

Masalah lainnya ialah menentukan Swing Low yang mana untuk mengawali dari pembuatan Level Perluasan Fibonacci. Salah satu caranya adalah dari Swing Low terakhir seperti yang kita lakukan pada contoh; cara lainnya ialah dari Swing Low terendah pada 30 bar yang sudah dilewati. Sekali lagi, intinya adalah tidak ada cara yang paling tepat untuk melakukannya, akibatnya untuk menentukan Swing Low tersebut bisa menjadi main tebak-tebakan.

Baiklah, mari kita lihat bagaimana level perluasan Fibonacci dapat dipergunakan selama tren menurun. Pada tren menurun, gagasan umumnya dalah untuk memngambil keuntungan pada perdagangan jangka pendek pada level perluasan harga Fibonacci karena pasar seringkali mendapatkan setidaknya support sementara pada level ini.

Pada grafik 1 jam EUR/USD ini, kita membuat plot level perluasan Fibonacci dengan meng-klik Swing High pada level 1.21377 pada tanggal 07/15/05 dan men-drag kursor ke Swing Low pada level 1.2021 pada tanggal 08/15/15 dan kemudian turun ke Swing High perbaikan pada level 1.2085. Level perluasan Fibonacci yang dibuat berikut ini adalah 12.2041 (0.382), 1.2027 (0.500), 1.2013 (0.618), 1.1969 (1.000), 1.1925 (1.382), 1.1911 (1.500), dan 1.1897 (1.618).

sekarang mari kita lihat apa yang sebenarnya terjadi setelah terjadi perbaikan Swing Low.
  • Pasar jatuh nyaris pada level 0.382 yang untuk saat ini berperilaku sebagai level support.
  • Pasar kemudian berdagang di pinggiran antara level Swing High dan level 0.382.
  • Terakhir, pasar pecah melalui level 0.382 dan tertahan pada level 0.500
  • Kemudian pasar pecah pada level 0.500 dan jatuh turun sepanjang jalan pada level 1.000


Level Fibonacci itu sendiri tidak akan membuat Anda kaya. Namun demikian, level Fibonacci memang benar-benar berguna sebagai bagian dari metode perdagangan yang efektif yang meliputi analisa dan teknik-teknik lainnya. Jadi, kunci untuk sistem perdagangan yang efektif ialah dengan menyatukan sedikit indikator (jangan terlalu banyak) yang diterapkan dengan cara yang tidak terlalu nyata bagi kebanyakan pengamat.

Semua pedagang yang sukses bagimana cara menggunakannya dan menyatukan indikator-indikator (termasuk Fibonacci) yang membuat perbedaan. Pelajaran yang dipetik di sini ialah bahwa Level-level Fibonacci bisa menjadi alat yang berguna, tetapi jangan sekali-kali memasuki atau keluar perdagangan dengan berdasarkan Level-level Fibonacci itu sendiri.

Ringkasan

Level perbaikan Fibonacci adalah 0.236, 0.382, 0.500, 0.618, 0.764.

Pedagang menggunakan level perbaikan Fibonacci sebagai level support dan perlawanan. Karena banyak pedagang melihat level yang sama ini dan menempatkan order pembelian dan penjualan pada level tersebut untuk memasuki perdagangan atau menempatkan stop, level support dan level perlawanan menjadi ekspektasi yang terisi sendiri.

Level perluasan Fibonacci adalah 0, 0.382, 0.618, 1.000, 1.382, 1.618.

Pedagang menggunakan level perluasan Fibonacci sebagai level pengambilan keuntungan. Sekali lagi, karena banyak pedagang melihat level yang sama ini dan menempatkan order pembelian dan penjualan pada level tersebut untuk mendapatkan keuntungan, alat ini biasanya berhasil dengan ekspektasi yang terisi sendiri.

Untuk menerapkan level-level Fibonacci pada grafik Anda, Anda perlu mengidentifikasi poin-poin Swing High dan Swing Low-nya.

Sebuah Swing High adalah satu candlestick dengan minimal dua high yang lebih rendah pada kedua sisi kanan dan kiri candlestick itu sendiri.

Sebuah Swing Low adalah satu candlestick dengan minimal dua low yang lebih tinggi pada kedua sisi kanan dan kiri candlestick itu sendiri.

1 komentar:

  1. artikel yang sangat bagus sejali dan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh trader, namun dalam trading di octafx belum memakai cara ini dan lebih memakai indikatr RSI dan MA saja

    BalasHapus